News Update :
Home » » kelebihan dan kekurangan pakem & konstruktif

kelebihan dan kekurangan pakem & konstruktif

KELEBIHAN PAKEM
  1. Pakem merupakan pembelajaran yang mengembangkan kecakapan hidup
  2. Dalam pakem siswa belajar bekerja sama
  3. Pakem mendorong siswa menghasilkan karya kreatif
  4. Pakem mendorong siswa untuk terus maju mencapai sukses
  5. Pakem menghargai potensi semua siswa
  6. Program untuk meningkatkat pakem disekolah harus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya
  7. Peserta didk akan lebih termotovasi untuk belajar karena adanya variasi dalam proses pembelajaran
  8. Peserta didik dapat lebih mengembangkan dirinya
  9. Peserta didik tidakjenuh dengan pembelajarn di kelas
  10. Peserta didik dapat memecahkan permasalahan dengan memanfaatkan lingkungan sekitarnya
  11. Mental dan fisik peserta didik akan terasah secara optimal

KEKURANGAN PAKEM
  1. Perbedaan individual siswa belum diperhatikan termasuk laki-laki / perempuan, pintar/kurang pintar,social,ekonomi tinggi/rendah
  2. Pembelajaran belum membelajarkan kecakapan hidup
  3. Pengelompokan siswa masih dari segi pengaturan tempat duduk,kegiatan yang dilakukan siswa sering kali belum mencerminkan belajar kooperatif yang benar
  4. Guru belum memperoleh kesempatan menyaksikan pembelajaran pakem yang baik
  5. Pajangan sering menampilkan hasil kerja siswa yang cenderung seragam
  6. Pembelajaran masih sering berupa pengisian lembar kerja siswa (LKS) yang sebagian besar pertanyaanya bersifat tertutup
  7. Guru harus meyiapkan pembelajaran yang lebih dari sekedar ceramah, maka dibutuhkan alat dan bahan yang lebih pula untuk melaksanakan pembelajaran tersebut
  8. Guru harus bisa mengcover semua kebutuhan siswa baik dari segi mental maupun fisik
  9. Sarana dan prasarana harus memadai, sehingga sekolah-sekolah yang berada di daerah sulit untuk mengembangkan PAKEM

KELEBIHAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF
  1. Berfikir: Dalam proses membina pengetahuan baru, murid berfikir untuk menyelesaikan masalah, menjana idea dan membuat keputusan.
  2. Faham :Oleh kerana murid terlibat secara langsung dalam membina pengetahuan baru, mereka akan lebih faham dan boleh mengapliksikannya dalam semua situasi.
  3. Ingat :Oleh kerana murid terlibat secara langsung dengan aktif, mereka akan ingat lebih lama semua konsep. Yakin Murid melalui pendekatan ini membina sendiri kefahaman mereka. Justru mereka lebih yakin menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam situasi baru.
  4. Kemahiran sosial :Kemahiran sosial diperolehi apabila berinteraksi dengan teman dan guru dalam membina pengetahuan baru.
  5. Senang :Oleh kerana mereka terlibat secara terus, mereka faham, ingat, yakin dan berinteraksi dengan sehat, maka mereka akan merasa senang belajar dalam membina pengetahuan baru.
  6. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasan secara eksplisit dengan menggunakan bahasa siswa sendiri, berbagi gagasan dengan temannya dan mendorong siswa memberikan penjelasan tentang gagasannya.
  7. Memberikan pengalaman yang berhubungan dengan gagasan yang telah dimiliki siswa atau rancangan kegiatan disesuaikan dengan gagasan awal siswa agar siswa memperluas pengetahuan mereka tentang fenomena dan memiliki kesempatan untuk merangkai fenomena, sehingga siswa terdorong untuk membedakan dan memadukan gagasan tentang fenomena yang menantang siswa.
  8. Memberikan kesempatan siswa untuk berpikir tantang pengalamannya, sehingga dapat mendorong siswa untuk berpikir kreatif, imajinatif, mendorrong refleksi tentang model dan teori, mengenalkan gagasan-gagasan pada saat yang tepat.
  9. Memberi kesempatan siswa untuk mencoba gagasan baru agar siswa terdorong untuk memeproleh kepercayaan diri dengan emnggunakan berbagai konteks baik yang telah dikenal maupun yang baru dan akhirnya memotivasi siswa utnuk menggunakan berbagai strategi belajar.
  10. Mendorong siswa untu memikirkan perubahan gagasan mereka setelah menyadari kemajuan mereka serta memberikan kesempatan siswa untuk mengidentifikasi perubahan gagasan mereka.
  11. Memberikan lingkungan belajar yang kondusif yang mendukung siswa mengungkapakan gagasan, saling menyimak, dan menghindari kesan selalu ada satu jawaban yang benar.

Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by Semesta-Blogger